Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak


KODE IKLAN

Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak - Selamat Datang Sahabat di Bumbu Racik Enak, Pada Artikel kali ini dengan judul Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan dengan Tema gorengan, dengan Tema Krupuk, dengan Tema Lauk Pauk, dengan Tema Nusantara, yang kami tulis ini ada manfaatnya. Cekidot, selamat menikmati.


Judul : Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak
Link : Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak


--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
Kerupuk udang adalah jenis makanan ringan yang dibuat dari tepung tapioka dengan campuran udang yang dihaluskan dan diberi bumbu rempah rempah sehingga rasa dan aromanya menjadi gurih. Jenis udang yang digunakan untuk membuat krupuk udang biasanya jenis udang rebon yaitu jenis udang kecil. Kerupuk udang biasanya disajikan dengan bubur ayam atau nasi sebagai pengganti lauk pauk atau sekedar sebagai pelengkap makanan.

Berbeda dengan jenis kerupuk ikan yang biasa dijual sudah dalam keadaan matang, krupuk udang biasanya dijual dalam keadaan mentah atau belum di goreng di berbagai toko makanan, pasar tradisional dan warung warung. Harga kerupuk udang cukup terjangkau berkisar antara 25.000 sampai 30.000 per kilogramnya.

Daerah penghasil kerupuk ini biasanya berada di daerah pesisir pantai yang banyak menghasilkan udang. Beberapa krupuk udang yang terkenal adalah Kerupuk udang sidoarjo, kerupuk udang indramayu dan cirebon. Pabrik krupuk udang disana kebanyakan merupakan industri rumahan. Proses cara pembuatan krupuk udang sebenarnya cukup sederhana hanya saja memerlukan proses yang cukup panjang. Berikut resep kerupuk udang dan cara membuat krupuk udang sidoarjo.



Bahan Membuat Kerupuk Udang
Tepung tapioka 2.5 kg                               
Tepung terigu 2.5 kg
Udang rebon  1 kg ( tanpa kepala dan kulit )
Garam 2 ons
Air 10 liter
Bawang putih 0.5 ons
Penyedap rasa 0.5 ons

Cara membuat Kerupuk Udang Sidoarjo
  • Cuci bersih udan rebon kemudian tumbuk halus bersama bawang putih dan garam. KEmudian masukan penyedap rasa dan air, aduk sampai rata dan larut.
  • Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu kemudian masukkan kedalam adonan udang. Aduk sampai rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat memanjang seperti lontong kemudian dikukus selama kurang lebih 2 jam sampai matang. Angkat dan biarkan dingin ( setengah hari ). Setelah dingin iris tipis adonan krupuk udang.
  • Jemur adonan kerupuk selama 2 - 3 hari sampai kering 
  • Kerupuk siap digoreng. Untuk menggoreng kerupuk gunakan wajan cekung dengan jumlah minyak yang cukup banyak. Simpan kerupuk yang sudah digoreng dalam toples atau plastik kedap udara agar lebih tahan lama.
Silakan mencoba resep membuat krupuk udang sidoarjo atau jika anda tidak ingin ribet kerupuk udang bisa anda beli sendiri diberbagai tempat di indonesia. Krupuk udang sudah lama menjadi satu cemilan populer di Indonesia yang biasa dinikmati sebagai pengganti lauk pauk.  Terimakasih semoga bermanfaat.


Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak


KODE IKLAN

Baca juga :

Demikianlah Artikel Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak

Sekian artikel Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Sahabat semua. Sampai jumpa di postingan lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Membuat Kerupuk Udang Sidoarjo Renyah Gurih dan Enak
Link : https://lezatenakmantap.blogspot.com/2018/09/resep-membuat-kerupuk-udang-sidoarjo.html

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.